Mengenal Moodboard: Apa itu Pengertian, tujuan dan tips membuatnya, Jasa Pembuatan Website - Metafora Indonesia Tehnology (2024)

Moodboard adalah elemen yang sangat penting bagi desainer untuk menciptakan sebuah karya, istilah tersebut mungkin masih terdengar asing, terutama bagi yang baru mengenal dunia desain. moodboard adalah kumpulan gambar atau objek yang menginspirasi pekerjaan karya dapat berupa desain grafis, fotografi, desain interior, fashion, dan karya lainnya. Pada dasarnya, moodboard digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan konsep visual dengan visi estetika yang jelas.

Apa itu Moodboard?

Menurut Technopedia, moodboard adalah kumpulan atau perakitan gambar, grafik, dan objek lainnya, biasanya dibuat untuk tujuan desain atau presentasi kepada klien atau orang lain. Pada dasarnya moodboard sangat penting bagi para desainer karena itu membantu dalam mengetahui cara membuat tema untuk proyek desain Anda. Dengan kata lain, moodboard bertindak sebagai panduan bagi desainer saat mereka mengembangkan proyek bisnis. Bagi mereka yang membangun bisnis, moodboard memainkan peran kunci dalam membuat merek mereka aktif dan berjalan dengan tepat. Berikut adalah beberapa isi dalam moodboard dapat berupa:
- Warna
- Tekstur
- Tipografi
- Foto
- Sketsa & Ilustrasi
- Teks deskriptif
- Tekstil
- Obyek-obyek lainnya


ManfaatMoodboard

Setelah Anda memiliki gambaran singkat tentang apa yang dimaksud dengan moodboard, mari kita mengenal apa itu manfaat menggunakan moodboard dalam desain? Secara umum, manfaat terbesar dari moodboard adalah mereka membantu klien memecahkan masalah sambil menafsirkan ide secara visual. Moodboard memungkinkan Anda mendengar secara visual apa yang ingin disertakan oleh klien Anda dan segera melihat perubahannya. Manfaatmoodboard yaitu sebagai berikut:

1. Perjelas visi dan estetika karya Anda
Salah satu manfaat membuat moodboard untuk pekerjaan atau proyek Anda adalah membantu Anda mengartikulasikan visi estetika visual yang diinginkan. Jika Anda sudah mengerjakan sebuah proyek dan harus berinteraksi dengan orang yang berbeda, Anda akan menyadarinya. Sangat mudah untuk melupakan tujuan awal proyek atau karya ini dibuat. Dengan bantuan moodboard yang Anda buat di awal proyek Anda, ini membantu Anda mencapai hasil akhir yang sesuai dengan tujuan awal Anda.

2. Membantu memperkuat konsep dan kedalaman pekerjaan Anda
Keuntungan lain dari moodboard adalah mereka memperkuat konsep pekerjaan Anda. Terkadang, kami menemukan karya yang kami yakini sebagai plagiarisme atau mirip dengan karya orang lain, ini mungkin karena proses brainstorming dan kurangnya penelitian awal sebelum membuat karya.Dengan bantuan moodboard, kita bisa membuat karya yang unik dan berbeda dari yang lain.

3. Promosikan kolaborasi dengan tim Anda
Dalam karya dan proyek visual, banyak konsep yang sulit dijelaskan dalam kalimat dan kata-kata, hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan kesalahpahaman tim saat proyek sedang berlangsung. Moodboard adalah format visual yang dapat dipahami oleh mata manusia, yang membantu mengatasi masalah ini dan merupakan cara yang bagus untuk mengkomunikasikan visi dan estetika proyek Anda kepada tim Anda.

4. Membantu mempermudah presentasi dan komunikasi dengan pelanggan
Moodboard juga membantu menyampaikan konsep visual yang mewakili solusi untuk masalah pelanggan, moodboard yang disepakati awal menghilangkan revisi proyek berulang dan kebingungan dalam menyelesaikan pekerjaan. Moodboard juga membantu meyakinkan pelanggan tentang solusi dan layanan yang Anda tawarkan, moodboard yang jelas dan disepakati juga membantu tim dan klien menghindari kesalahpahaman dalam proyek.

5. Organisasi pemikiran kreatif kami
Selain peta pikiran, moodboard juga merupakan alat untuk memetakan dan menetapkan batasan pemikiran kreatif yang ingin diterapkan dalam pekerjaan Anda. Jika Anda memiliki pikiran yang terorganisir, Anda dapat belajar bagaimana memulai dan menyelesaikan pekerjaan, manfaat utama dari moodboard baik fisik maupun digital, adalah untuk mempercepat proses penciptaan pekerjaan dan menghindari kebingungan bagi tim dan klien.

3. Mintalah umpan balik
Tambahkan banyak font, warna, dan gambar untuk membuat moodboard Anda, dan segera minta rekan kerja dan atasan Anda untuk memberikan umpan balik tentang hasilnya. Jika Anda memiliki ide atau saran, jangan ragu untuk membuat perubahan untuk membuat moodboard Anda terlihat lebih baik.


Tujuan membuat Moodboard

Moodboard digunakan untuk menyampaikan emosi dari sebuah ide, Beberapa tujuan dari moodboard yaitu sebagai berikut:

1. Untuk mengkomunikasikan proses membangun cerita desain yang jelas yang ingin Anda gunakan.
2. Moodboard membantu Anda mengekspresikan visi yang Anda miliki untuk proyek Anda.
3. Mengkomunikasikan ide-ide visual kepada orang lain bisa sangat kompleks, sehingga moodboard bertujuan
untuk menjadi alat komunikasi visual yang efisien, moodboard adalah titik awal yang baik untuk
menyelesaikan sesuatu.
4. Membantu Anda mengatur dan memfokuskan ide-ide Anda untuk menentukan proyek Anda.


Cara membuat Moodboard

Pada dasarnya, membuat moodboard tidak serumit kedengarannya sederhananya, membuat moodboard berarti mengumpulkan berbagai gambar, warna, atau objek lain dalam satu wadah. Saat membuat moodboard, orang bebas berekspresi apakah mereka membuatnya secara digital atau dalam bentuk fisik. Cara membuat Moodboard yaitu sebagai berikut:

1. Tetapkan tujuan
Laporan moodboard dapat dibagi menjadi beberapa kategori, misalnya moodboard dapat dibuat lebih praktis dengan mengisinya dengan font, skema warna, gambar, dan sebagainya, atau dengan mengeksplorasi nada dan moodboard lebih jauh. Dari sana, tentukan dengan jelas tujuan Anda baik spesifik atau jelajahi getarannya dan buat lebih kompleks.

2. Lihat situs web lain
Tujuan melihat situs web adalah sebagai inspirasi untuk membuat moodboard ada banyak contoh moodboard di internet. Setelah mencoba segala sesuatu yang menginspirasi Anda, mulailah segera membuat moodboard Anda sendiri.

3. Membuat Keputusan apa yang ingin dilakukan
Kiat pertama saat membuatmoodboard adalah memutuskan proyek apa yang ingin Anda buat dan apa tujuannya. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan moodboard sebagai panduan utama Anda. Semua elemen seperti skema warna, gambar, dan font tersedia untuk karya desain Anda atau untuk inspirasi di mana Anda dapat bereksperimen dengan moodboard dan nada desain yang berbeda dengan moodboard yang lain. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan keduanya atau hanya salah satu, tergantung pada kebutuhan Anda. Buat beberapa keputusan tips kedua untuk membuat moodboard adalah dengan menggabungkan beberapa desain atau inspirasi mood dalam moodboard untuk membuat pilihan ganda. Berbagai macam gaya desain memberi Anda lebih banyak pilihan untuk membuat moodboard yang lebih unik.

4. Moodboard digital
Membuat moodboard digital sebenarnya tidak terlalu sulit, selain itu saat ini ada beberapa situs web yang memungkinkan desainer untuk membuat moodboard secara langsung. Contohnya termasuk Pinterest, Sample Board, Moodboard Lite, dan Milano Note. Dari Pinterest, Anda dapat langsung mengambil gambar dan menambahkannya ke mode digital Anda, gambar biasanya disesuaikan dengan koleksi melalui Pinterest agar mudah ditemukan. sem*ntara itu, lihat Sample Board dan Anda akan segera menemukan alat yang memungkinkan Anda membuat moodboard secara langsung. Situs web resmi dengan cepat mencantumkan beberapa proyek yang dapat Anda lakukan, seperti desain interior, wedding planner, dan sebagainya. Moodboard fisik jika Anda lebih tertarik untuk membuat moodboard dalam bentuk fisik, siapkan semua bahan untuk membuatnya.

5. Kumpulkan inspirasi tertulis
Tips kelima untuk membuat moodboard adalah mengumpulkan inspirasi tertulis. Sebelum Anda menambahkan gambar, Anda dapat mengumpulkan berbagai konten yang sudah Anda miliki, seperti nilai merek, slogan, visi dan misi perusahaan, dan sebagainya, ke dalam berbagai pengarahan lainnya Anda dapat mengumpulkan semua ini dan menggunakannya sebagai inspirasi.

6. Tambahkan elemen visual
Tips keenam saat membuat moodboard adalah menambahkan visual yang menarik, jika Anda sudah memiliki logo untuk proyek yang sedang Anda kerjakan, Anda dapat langsung menambahkannya ke moodboard Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan elemen lain seperti foto dan visual web yang sesuai dengan tema Anda.

7. Masukkan warna dan font
Tips kelima untuk membuat moodboard adalah memasukkan warna dan font sebagai elemen penting. Untuk mengedit palet warna desain Anda, Anda memerlukan kombinasi yang tepat untuk setiap tema yang Anda kenakan. Plus, Anda dapat menyimpan font Anda dalam beberapa variasi berbeda, sehingga Anda tahu dimana harus meletakkannya dalam desain tema Anda.

9. Sesuaikan komposisi visual moodboard Anda
Kiat berikutnya untuk membuat moodboard adalah menempatkan komposisi visual yang telah dikumpulkan sebelumnya dari berbagai elemen, tempatkan item terkait.

10. Rapikan apa yang telah kamu susun
Untuk membuat moodboard adalah mengatur apa yang Anda kumpulkan, dengan semua inspirasi Anda di satu tempat, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan ide-ide ini untuk menciptakan komposisi yang sempurna mulai jelajahi konfigurasi dan terapkan hierarki. Tempatkan elemen kunci, seperti logo, dan ubah ukuran serta posisikan elemen yang tersisa untuk menunjukkan pentingnya dan hubungannya satu sama lain.

11. Jelaskan pemikiran Anda
Untuk pemikir visual moodboard adalah alat yang sangat berharga untuk menyampaikan moodboard suatu proyek dengan cara yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Namun, jika Anda berencana untuk memberikan moodboard Anda dengan klien atau tim, penting untuk menyertakan beberapa catatan tentang proses berpikir Anda ini membantu memperjelas pikiran Anda dan menjaga hal-hal dalam konteks.

12. Berkolaborasi untuk mengembangkan ide
Tips berikutnya untuk membuat moodboard adalah mengembangkan ide secara kolaboratif mood digital memudahkan untuk terhubung dan berkolaborasi secara online. Ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dalam konsep dan memastikan tampilan dan nuansa yang konsisten untuk proyek Anda.

13. Mintalah umpan balik
Tidak peduli seberapa kreatif moodboard hati Anda, penting untuk terbuka terhadap kritik yang membangun. Setelah menyelesaikan versi pertama moodboard Anda, Anda dapat meminta umpan balik. Umpan balik spesifik dalam hal warna, nada, moodboard dan jenis.


Kesimpulan

Moodboard Membantu mengarahkan proses desain dari awal hingga terciptanya karya, dimulai dari penentuan tema atau judul, mencari dan mengumpulkan gambar-gambar yang sesuai dengan tema atau judul dan membuat produk, hingga menjadi sebuah karya. Bagi Anda yang memiliki bisnis, Anda perlu mencatat keuntungan secara akurat. Dengan ide bisnis online yang berbeda untuk dipilih, Anda harus dapat menemukan opsi yang sesuai dengan minat, kebutuhan, dan anggaran Anda. Untuk membantu dan mempermudah pengelolaan bisnis anda, tim IDMETAFORA menawarkan Jasa pembuatan website Enterprise resource planning (ERP) adalah aplikasi bisnis yang terintegrasi. Aplikasi ERP membantu proses operasional bisnis yang luas dan mendalam, seperti yang ditemukan dalam proses pembelian, pengelolaan gudang, penjualan, keuangan, SDM, distribusi, manufaktur, layanan, dan rantai pasokan.

Hubungi kami di No : 0896 6423 0232 atau 0813 9399 3723
Jl. Damai, Sleman, Yogyakarta
PT Metafora Indonesia Teknologi

Mengenal Moodboard: Apa itu Pengertian, tujuan dan tips membuatnya, Jasa Pembuatan Website - Metafora Indonesia Tehnology (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Msgr. Refugio Daniel

Last Updated:

Views: 5382

Rating: 4.3 / 5 (54 voted)

Reviews: 85% of readers found this page helpful

Author information

Name: Msgr. Refugio Daniel

Birthday: 1999-09-15

Address: 8416 Beatty Center, Derekfort, VA 72092-0500

Phone: +6838967160603

Job: Mining Executive

Hobby: Woodworking, Knitting, Fishing, Coffee roasting, Kayaking, Horseback riding, Kite flying

Introduction: My name is Msgr. Refugio Daniel, I am a fine, precious, encouraging, calm, glamorous, vivacious, friendly person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.